Tuesday, October 10, 2023

Misa Sebelum Pernikahan? Gak Boleh, Bro!

Misa Sebelum Pernikahan? Gak Boleh, Bro!

Dalam acara ibadah sabda yang dipimpin oleh Rahma Pungky, Romo Pungki memberikan penjelasan menarik tentang misa sebelum hari H, atau puncak misa pernikahan.

Kenapa tidak boleh?

Selain tidak sesuai dengan aturan, ada alasan utama mengapa misa sebelum hari H tidak boleh dilakukan. Alasan tersebut adalah agar tidak ada misa utama yang lebih tinggi sebelum acara misa pernikahan.

Misa pernikahan adalah sakramen yang sakral dan istimewa. Misa ini menjadi puncak dari perjalanan cinta kedua mempelai. Oleh karena itu, misa pernikahan harus menjadi misa utama yang tidak boleh ada misa lain yang lebih tinggi di atasnya.

Kalau mau misa, gimana?

Bagi umat yang ingin melakukan ibadah sebelum hari H, Romo Pungki menyarankan untuk melakukan ibadah sabda. Ibadah sabda adalah ibadah yang menekankan pada pembacaan dan refleksi atas sabda Tuhan.

Ibadah sabda juga bisa menjadi kesempatan untuk berdoa bersama dan mempersiapkan diri secara rohani untuk menyambut misa pernikahan.

Siapa yang boleh memimpin ibadah sabda?

Pemimpin ibadah sabda tidak harus romo. Prodiakon juga dapat memimpin ibadah sabda. Prodiakon adalah orang yang telah dilatih untuk memimpin ibadah dan pelayanan liturgi.


Admin, 10 Oktober 2023

No comments:

Post a Comment

Doa rosario yang kedua di rumah ibu Lucie dan bapak aris

Rosario Kedua  Peristiwa Terang Terima kasih kepada ibu lusi dan bapak aris yang sudah mengakomodasi untuk pelaksanaan Doa Rosario yang kedu...