Sunday, March 24, 2019

APP 2019 - PERTEMUAN 1 DAN 2

Adapun dasar dari kegiatan APP yang selalu dilaksanakan menjelang Paskah :
Menurut Konsili Vatikan II :" ...Masa Prapaskah merupakan sarana Gereja dalam mempersiapkan umat beriman untuk merayakan Paskah, sementara mereka mendengarkan Sabda Tuhan dengan lebih sering dan meluangkan lebih banyak waktu untuk berdoa.” (KL. 109)."




Nonton Bareng Film Pendek dari KAJ

Foto Bersama
Itulah yang menjadi dasar bagi kami yang berkumpul di malam ini di rumah bapak Budiyanto untuk bersama-sama saling menguatkan, saling mengingatkan, serta saling mendoakan satu sama lain.

Ada dua tema yang diangkat pada malam hari ini:
1. Berhikmat dalam keluarga 

Ibu Rita dari seksi Liturgi, memimpin jalannya APP di malam hari ini ini. Dihadiri kurang lebih sekitar 25 orang warga lingkungan Maria Regina.
Sebuah film pendek ditampilkan, sesuai dengan arahan dari KAJ sangat menggugah kita bagaimana karakter seorang Katolik yang mengimani Yesus Kristus yang membawa damai, menjadi pewarta. Pertama-tama dari dalam keluarga sendiri. Karena keluarga adalah gereja kecil.

Kasih adalah yang terpenting dalam keluarga. Karena Tuhan sendiri telah lebih dulu mengasihi kita yang menyerahkan dirinya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. Kasih dalam keluarga membawa Hikmat bagi semua anggota keluarga.
Orang tua adalah guru Iman bagi anak-anaknya. Hikmat yang diturunkan orang tua adalah warisan bagi anak-anak kelak. Hiduplah menjadi keluarga Katolik sejati. Caranya dengan meniru dan meneladani Kristus.

2. Berhikmat dalam lingkungan 
Keluarga adalah gereja kecil, lingkungan adalah gereja yang lebih besar. Sebagai satu tubuh dalam Kristus, setiap warga lingkungan seharusnya saling mendukung satu sama lain.

Lingkungan mempunyai misi untuk menjangkau warga yang selama ini tidak terlibat dan tidak aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Jemaat pertama. Dalam kehidupan lingkungan, setiap orang mempunyai strength atau kekuatan tertentu yang bisa saling mengisi satu sama lain, termasuk dalam lingkungan Maria Regina. Sehingga tercipta Hikmat hikmat yang menumbuhkan kekeluargaan dan kekompakan dalam lingkungan.

Mari kita mengajak dan menjangkau teman-temannya yang belum aktif melayani dalam lingkungan Maria Regina.

Malam hari ini, pertemuan berlangsung sangat antusias dan menarik. Sesi diskusi dan sharing mendominasi acara. Poin-poin yang aplikatif benar-benar didapatkan dari sharing antar warga. Sampai jumpa di pertemuan APP selanjutnya.

Seksi Liturgi




No comments:

Post a Comment

Doa rosario yang kedua di rumah ibu Lucie dan bapak aris

Rosario Kedua  Peristiwa Terang Terima kasih kepada ibu lusi dan bapak aris yang sudah mengakomodasi untuk pelaksanaan Doa Rosario yang kedu...